#30harimenulis

Day 4: Wina, 14 Desember 1978

Kenneth

Kenneth Maruti berdiri di pintu kedatangan Flughafen Wien. Pagi itu udara membeku dalam hembusan nafas hangat manusia yang berlalu lalang. Mulut-mulut orang penuh asap walaupun mereka tidak merokok. Kenneth memegang sebuah karton putih bertuliskan sebuah nama:

Vivian Tanjung (Indonesia)

Kenneth tidak akan pernah menyangka bahwa nama itu akan bersinggungan begitu erat sepanjang hidupnya.

Kenneth hari itu hanya bertugas untuk menjemput perempuan yang akan menjadi rekannya dalam sebuah program penelitian di universitas untuk satu tahun ke depan. Lalu lalang manusia semakin padat, pesawat yang membawa perempuan itu dari Amsterdam telah mendarat.

Kenneth ingin meniup kedua belah tangannya di balik sarung tangannya yang berwarna biru gelap, namun ia bertahan untuk tetap memegang karton putih itu. Siapa tahu Vivian akan terlewat. Kenneth tidak mengetahui bagaimana rupa Vivian.

Lalu seorang perempuan muncul, begitu mungil dan kecil, begitu putih dan rapuh. Ia menatap ke arah Kenneth. Rambutnya pendek dan terkesan modern. Matanya kecil dan suara yang keluar dari bibirnya begitu halus. Nyaris seperti berbisik.

“Kenneth Maruti? Dari Universitas Wina?”

“Vivian Tanjung? Dari Indonesia?”

“Ya, saya adalah Vivian.”

Kenneth Maruti menjabat tangan mungil Vivian. Kenneth Maruti tidak berkedip. Sepintas dirinya tersadar bahwa ia memandang Vivian sedikit terlalu lama.

Terlalu lama hingga tidak dapat melupakannya lagi.

Kenneth terjaga sejenak, ia lalu menawarkan untuk membawakan kopor Vivian. Kopor yang sepertinya terlalu besar jika dibandingkan dengan tubuhnya yang serba mungil. Kenneth memanggil taksi dan kota Wina menyambut keduanya untuk berkisah sejak hari itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s