Navratri

: Amritsar

Siapa yang bisa membayangkan, jika ketibaan itu tepat di sembilan hari pemujaan untuk Dewi Durga. O, yang menguasai malam kegelapan. O, yang menguasai kematian. Telah lama makam-makam kutinggalkan. Telah lama kegelapan itu pekat mewarnai kehidupan.

Lalu akhirnya di banyak pagi yang tiba, kuil emas menyongsong dan memancarkan cahayanya ke seluruh penjuru. Di hari kesekian aku melihat Bapakku dan kepadanyalah aku menuliskan surat demi surat.

Di Kuil itu, aku meminta pertolongan segala Dewa Dewi yang menjagaku. Yang selalu bersamaku. Udara pasar berubah di hari-hari tertentu. Bau chai di Hall Bazaar mengundangku ke beberapa pintu. Di sekian pintu yang terketuk dan terbuka, jodoh-jodoh karma mulai dibuka. Transaksi mulai dilakukan. Suara tawa riuh. Segalanya mulai bertukaran. Inilah jalur sutra tua itu lagi. Ingatan-ingatan pasar dan persahabatan yang kentara.

India selalu membuat kepulangan terasa haru. Ketika langit sudahlah atap dan bumi adalah rumah yang luas. Beginilah, segera genderang benderang dibunyikan. Semua alat musik tiup dibunyikan. Dan Sarangi mengiringi hari-hari. Lalu puja puji pada segala yang agung, pada yang segala suci, tersujud di lantai setiap kuil dan setiap pojokan kota ini.

Lawa dan Kusha, para putra Sita seolah mengiringi. Sekian episode Ramayana melewati semua perenunganku sekian hari belakangan. Di dapur Sita aku bersujud pada perapian. Di dapur Sita aku mengikatkan janjiku padamu dan anak-anak yang akan lahir ke depan. Di tengah badai pasir hari itu, entah mengapa, segalanya menuju kepadamu.

Dewa Dewi, malam ini kau mengucap, di masa penghujung Navratri. Menetapkan akhir dari segala yang gelap. Menetapkan kemenangan akan yang terang di antara kita yang tumbuh kembang.

Dalam satu nafas, satu tarikan. Disinilah kita akan tumbuh mengembang dan bagai pohon Buda di Kuil Emas, seperti itulah kokohnya cinta yang akan tumbuh, menaungi segala. Menaungi cinta dan cahaya.

Amritsar, 10.10.2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s